Solder Uap untuk Service Alat Elektronik

Bagi yang memiliki profesi sebagai tukang perbaikan dan service alat elektronik, pasti tidak asing dengan solder. Solder uap merupakan salah satu variasi alat solder dan umum digunakan dalam memperbaiki perangkat elektronik.

Solder uap biasanya digunakan untuk menghindari tekanan dan deformasi pada rangkaian IC pada PCB jika menggunakan solder biasa. Batang besi panas pada solder biasa akan terkadang akan menekan kaki – kaki IC dan membuat bentuknya berubah dan tak bisa menempel pada PCB.

Alat ini berfungsi dengan menghembuskan udara panas dengan kecepatan udara tertentu untuk kebutuhan seperti:

· Mengeringkan cairan basah pada perangkat elektronik

· Melelehkan timah

· Mengangkat atau memasang komponen elektronik dengan melelehkan bagian penempelnya

· Mengangkat Flexible dari PCB

· Mengangkat ataupun menempel komponen plastik

· Mencetak kaki IC

Manfaat dari alat ini masih banyak lagi, namun kebutuhannya tergantung pada bahan perangkat alat elektronik yang butuh disolder. Kemampuan dari penggunanya sendiri juga akan menghasilkan hal yang berbeda. Pengguna solder uap yang ahli pasti mengetahui ukuran panas yang harus digunakan, seberapa kencang tekanan udara yang dibutuhkan serta seberapa lama proses pemanasan.

Beberapa perangkat elektronik memiliki sensitivitas yang berbeda pada panas, jadi jika salah – salah bisa saja perangkat jadi rusak. Trik yang biasanya digunakan adalah dengan mengolesi bahan anti-panas pada perangkat yang lebih sensitif. Olesan ini akan membuat perangkat yang lebih sensitif lebih lambat menjadi panas dan menjaga kondisinya.

Jika membutuhkan solder uap, ada tiga merek yang beredar di pasaran yang sudah cukup terkenal. Ketiga merek itu adalah Qucik, Gordak, dan Hakko. Tiga merek ini relatif sama dalam fungsi tapi dengan perbedaan harga dan umur.

Qucik adalah merek dengan harga yang paling murah. Qucik biasanya menjadi pilihan bagi mahasiswa elektro karena harganya yang terjangkau dan jika rusak dengan mudah dapat membeli yang baru. Perawatan solder uap merek Quick biasanya tidak terlalu ribet namun umurnya cukup pendek, sekitar 6 bulan, tapi jika dirawat baik umurnya bisa lebih lama.

Gordak adalah merek dengan harga yang menengah. Memiliki umur cukup tinggi tapi terkadang ada produk yang bermasalah dari pabrik. Masalah yang timbul biasanya saat disetting tingkat panasnya, suhu yang keluar lebih panas dari yang diinginkan. Jika membeli merek ini, harap di tes dulu atau mencari toko yang menyediakan garansi untuk merek ini.

Cody adalah merek yang memiliki umur panjang tapi dengan harga yang menegah. Walau begitu memiliki kualitas dan presisi setting yang tinggi. Biasanya digunakan outlet – outlet service senior.

Mudah – mudahan informasi ini berguna bagi para tukang servis dalam memilih dan menggunakan solder uap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *